Jumat, 30 Desember 2016

Inilah alasan kenapa ujung sayap pesawat itu melengkung ke atas

author photo
NGUPAS - Siapa yang tidak pernah melihat pesawat? Meskipun hanya ada pada gambar, tentu hampir semua orang mengetahui bentuk pesawat seperti apa. Transportasi udara satu ini merupakan kendaraan paling cepat untuk menuju ke tempat tujuan yang diinginkan. Untuk itu pesawat sering digunakan sebagai transportasi utama jika ingin menghemat waktu.

Tetapi, pernah nggak kamu sadari kenapa sayap pesawat ujungnya melengkung ke atas? Rata-rata orang hanya berpikir lengkung itu hanya hiasan semata. Ternyata di balik lengkungan pada ujung sayap pesawat itu ada alasannya lho.

Berikut beberapa alasan kenapa sayap pesawat ujungnya melengkung ke atas

1. Ada dua tipe lengkungan pada ujung pesawat, namun tidak semua pesawat memiliki lengkungan.


2. Lengkungan pada ujung sayap ini dikenal dengan nama Winglets.


3. Tujuan Winglets adalah untuk mengurangi pusaran pada ujung sayap pesawat.


4. Pusaran ini terjadi karena pesawat memang bergerak di udara dan gerakannya menyerupai tornado.


5. Pusaran udara ini dinilai sangat berbahaya karena bisa menyebabkan stabilitas memburuk ketika pesawat sedang dalam penerbangan.


6. Begini proses pusaran udara ini terjadi. Sayap membagi aliran udara menjadi dua, tekanan udara yang berbeda di sekitar sayap menyebabkan pusaran udara.


7. Nah, ujung sayap yang melengkung bisa membantu untuk mengurangi pusaran udara tersebut.


8. Kini banyak perusahaan pembuat pesawat yang memprioritaskan winglets pada tiap pesawat yang diproduksi setiap tahunnya. Padahal NASA sendiri sudah mengetahui keuntungan winglets sejak tahun 1970.


9. Cobalah dengan membuat pesawat dari kertas dengan membandingkan pesawat dengan winglets dan yang tidak, lihatlah apa yang terjadi.


10. Kini pesawat yang diproduksi edisi terbaru sudah pasti terdapat winglets.


sumber: brilio.net