Rabu, 28 Desember 2016

Cara cek apakah akun Facebook sedang "Diintip" orang lain atau tidak

author photo
NGUPAS - Di dunia maya, pasti ada saja orang-orang yang jail dan juga iseng. Untuk itu kita harus sering-sering waspada. Pernahkan kamu merasa akun facebook mu sedang di intip oleh orang lain? Tetapi tidak tahu cara membuktikannya. Peretas seringkali menyusup ke akun jejaring sosial kita, seperti Facebook tanpa kita sadari. Ada sebuah cara untuk mencegah agar akun Facebook kita tidak mudah diintip oleh peretas.

Keamanan. Pilihan menu Security terletak di bagian kiri layar jika membuka dari browser desktop, tepat di bawah menu General/Umum atau di atas Privacy/Privasi. Jika mengakses dari aplikasi mobile, maka menu tersebut bisa diakses dari tombol "sandwich" di pojok kanan atas untuk menampilkan menu, lalu pilih Account Settings.


Di menu Security, pilih menu Where You're Logged In atau Tempat Anda Masuk. Dalam menu tersebut, bisa dilihat melalui perangkat apa dan di mana saja akun milik Anda telah diakses. Jika ada perangkat yang tidak Anda kenal sedang mengakses akun Facebook Anda, maka kemungkinan besar akun Anda sedang diintip orang lain.

Nah, apabila ada aktivitas yang mencurigakan seperti itu, langsung saja tekan tombol End All Activity atau Akhiri Semua Aktivitas.

Menggunakan tombol tersebut, si peretas akan langsung log-out dari akun milik Anda. Langkah selanjutnya adalah dengan mengganti password atau kata sandi untuk mencegah peretas masuk kembali ke akun milik Anda.

Selain itu, Anda juga bisa meminta sistem Facebook untuk memberikan peringatan setiap kali ada login ke akun di perangkat atau browser baru. Notifikasi tersebut bakal diberikan di tiga tempat sekaligus, yakni melalui Facebook itu sendiri, e-mail, atau pesan SMS ke nomor yang sudah didaftarkan pengguna.

Cara menggunakan fitur tersebut juga cukup mudah. Masih melalui menu Security, langsung pilih saja menu Login Alerts atau Peringatan Masuk. Dalam menu tersebut, pengguna bisa mengatur sendiri ke mana notifikasi akan diberikan.

Jika memilih mengirim notifikasi lewat e-mail, setiap ada login baru, Facebook akan mengirimkan notifikasi ke alamat yang sudah dimasukkan sebelumnya

sumber: kompas.com